Monday , September 25 2017
Home / Hikmah / JEMBATAN KESUKSESAN DAN KEBAHAGIAAN
https://adefahrizal24.files.wordpress.com

JEMBATAN KESUKSESAN DAN KEBAHAGIAAN

Kebahagiaan dan kebaikan merupakan salah satu tujuan bagi hampir seluruh lapisan masyarakat. Dalam kalimat lain, semua manusia niscaya menginginkan kehidupan yang bahagia dan baik sekalipun dalam faktanya manusia tidak dapat dikelompokkan sesuai dengan derajat duniawinya saja. Sebab, semua manusia di hadapan Allah SWT memiliki derajat yang sama, kecuali hanya dibedakan oleh keimanan dan ketakwaan. Namun demikian, manusia memiliki jalan dan takdirnya sendiri-sendiri. Tidak boleh dipisahkan atau dipaksakan. Miskin dan kaya hanya perbedaan aspek dunia. Ganteng dan jelek hanya perbedaan rupa. Baik dan buruk hanya perbedaan paradigma dan perspektif sudut pandang dalam menilainya.

Dari berbagai perbedaan yang demikian sebenarnya dapat memberikan warna dalam kehidupan ini. Yang miskin dan yang kaya harus saling mengisi untuk menjadikan kehidupan itu lebih bermakna. Perbedaan kedudukan maupun perbedaan-perbedaan lainnya menjadi proses yang dapat menyeimbangkan sistem dan tatanan kehidupan manusia dalam berinteraksi dan bermasyarakat. Itulah kemahakuasa Allah SWT atas segala ciptaan-Nya. Menciptakan keseimbangan dengan memberikan perbedaan satu sama lainnya agar tidak berat sebelah atau timpang.

Namun walaupun demikian, setiap manusia tetaplah mempunyai keinginan hidup yang sukses dan bahagia, sehat jasmani dan rohani, hidup sejahtera dan damai, aman dan sentosa, tentram dan penuh kebaikan serta berbagai harapan yang baik-baik saja. Lumrah dan rasional apabila keinginan tersebut menjadi tujuan bagi seluruh umat manusia. Sebuah keniscayaan bagi kebanyakan orang yang selalu menginginkan kehidupan demikian. Tidak ada yang ingin hidupnya miskin, susah, dan berbagai kehidupan yang tidak baik. Tidak ada pula seseorang yang mempunyai cita-cita yang tidak baik atau hal-hal yang bersifat negatif. Semuanya pasti mengharapkan kebaikan-kebaikan bagi kehidupan di dunia dan di akhiratnya.

Oleh karena itu, untuk meraih sebuah kesuksesan, keberhasilan, kebahagiaan dan hal positif lainnya, tentu membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang berat dan penuh ujian. Tidak sedikit dan tidak mudah bahkan ada yang “berdarah-darah”, “jungkir balik”, dan lain sebaginya. Perjuangan dan pengorbanan itu harus dibayar dengan harga yang mahal, mislanya harus memeras keringat agar bisa mendapatkan rejeki yang halal, baik, dan penuh dengan kebarakahan.

Harus memeras otak dengan cara berpikir kreatif, inovatif dan inspiratif agar apa yang dihasilkan dari olah pikirnya dapat bermanfaat bagi masyarakat serta mendapatkan apresiasi yang lebih baik dan berguna. Dan, berbagai perasan-perasan kehidupan lainnnya yang dapat memberikan nilai keberhasilan atas perjuangan dan pengorbanan seseorang dalam kehidupannya.

Biasanya, perjuangan dan pengorbanan itu diikuti oleh ujian yang juga tidak mudah, berat dan pastinya membutuhkan penyelesaian yang rumit. Sehingga hasil dari ujiannya dapat memberikan keteguhan dan kesuksesan baginya. Di dalam sebuah ujian ada kebahagiaan yang menyertainya. Ujian merupakan jembatan meraih kesuksesan dan kebahagiaan. Di dalam ujian ada hikmah, keberkahan, kenikmatan, dan keberhasilan yang dapat diperoleh ketika sukses melewatinya. Termasuk tujuan dalam kehidupan ini, yaitu kebahagiaan hidup di akhirat membutuhkan pengorbanan dan perjuangan yang maha dahsyat dengan segala ujian dan tantangan yang besar. Cobaan yang diberikan memberikan pelajaran bagi hamba yang beriman dan bertakwa untuk meraih sebuah kenikmatan dan kebahagiaan di akhirat sesuai dengan janji Allah kepada seluruh hamba-Nya.

Semoga kita senantiasa menjadi orang-orang yang tabah, sabar, ikhlas, bersyukur, dan selalu bertawakal kepada Allah swt. atas segala ujian yang diberikannya.  Innaama’al ‘usri yusra. Fainnama’al ‘usri yusraa.

Penulis: Hayat (dosen UNISMA, Peneliti Lakpesdam NU Kota Malang, anggota Kaukus Penulis Aliansi Kebangsaan, dan anggota Sahabat Pena Nusantara)

About Admin

"Dari aswaja untuk bangsa" | Admin Utama | tasamuh.id@gmail.com | i.g @tasamuh.id | Lakpesdam Kota Malang

Lihat Juga

Insinyur dan Direktur

Diksahkan ada seorang laki-laki sedang bepergian dengan menaiki balon udara. Ia terbang melayang mengikuti arah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *