Friday , December 14 2018
Home / Peristiwa / Lakpesdam Latih Santri Berdakwah di Internet

Lakpesdam Latih Santri Berdakwah di Internet

Tasamuh.id,
Lapkesdam NU Kota Malang bekerjasama dengan Universitas Negeri Malang kembali menyelanggarakan pendidikan literasi untuk kalangan pesantren. Kegiatan yang dengan tema “Pemanfaatan Teknologi dalam Pengembangan Dakwah melalui Jurnalisme Pesantren” tersebut diselenggarakan di Aula Perpustakaan Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang pada Ahad (30/09/2018) kemarin.

Yusli Effendi, sekertaris Lakpesdam sekaligus salah satu narasumber, menyampaikan bahwa meningkatnya pengguna medsos yang mencapai 143, 26 juta atau 54,68 persen dari total populasi Indonesia, menjadi sumber kebenaran baru bagi masyarakat Indonesia. Situasi ini harus diiringi dengan kemampuan melek literasi.

Kemampuan literasi (informasi) penting untuk menyeimbangi kran informasi yang beredar di media sosial. “Berkah akses limpahan informasi ini tak diiringi dengan kemampuan untuk melek (literasi) informasi, alih-alih menjadi sumber pencerahan, seolah menjadi sumber bencana. Membanjirnya konten negatif di medsos, berdampak buruk dengan meningkatnya pola pikir maupun sikap intoleran terhadap meraka yang berbeda” imbuh dosen Hubungan Internasional FISIP UB tersebut.

Sedangkan Ustadz Ahmad Sulthoni, narasumber dari UM, menjelaskan tentang banyaknya isu negatif di media sosial mengkhawatirkan untuk masyarakat Indonesia saat ini. Perlu melakukan gerakan serupa (aktif di medsos, red.) untuk menandingi dengan berita-berita yang menyejukkan ala pesantren.

“Sekarang ketika kita buka medsos, ketemuanya sama yang marah. Jarang sekali yang ramah. Maka kita harus hadir menjadi bagian dari penyebar yang ramah-ramah. Dengan demikian, Islam tidak berubah menjadi radikal dan ekstrim, melainkan tampak arif dengan tradisi dan pesan-pesan dari pesantren” tegas dosen Bahasa Arab UM tersebut.

Sebagaimana ditegaskan oleh penyelenggara, kegiatan ini diikuti oleh 52 peserta dari beberapa pesantren yang ada di Malang Kota dan Batu, serta 2 pesantren dari Malang Kabupaten. Sebelum di Pesma Al Hikam, kegiatan serupa juga pernah dilakukan di Pesantren An Nur 2 Al Murtadlo Bululawang pada Jum’at, 7/9/2018.

Kontributor: Sami’ Mulyaji

About Admin

"Dari aswaja untuk bangsa" | Admin Utama | tasamuh.id@gmail.com | i.g @tasamuh.id | Lakpesdam Kota Malang

Lihat Juga

Sabilillah Resmikan Rumah Produktif bagi Anak Yatim

Tasamuh.id Mengapa harus ada Rumah Yatim Produktif ? Tentunya nama ini memiliki tujuan agar anak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *