Thursday , August 16 2018
Home / Buku / Meneladani Kehidupan Para Ulama
foto dari tim tasamuh

Meneladani Kehidupan Para Ulama

“Ulama adalah pewaris para nabi”. Itulah bunyi hadits yang sangat pupuler dan aering kita dengar.  Bisa dimengerti demikian karena dalam dada para ulama bersemai keluasan ilmu dan kedalaman pengalaman spiritual.  Setidaknya karena ilmu pengetahuan dan tingkat spiritual yang dimiliki, para ulama mendapatkan pengakuan oleh masyarakat.

Keikhlasan yang terpatri dalam diri ulama juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Ulama dengan gigih dan tanpa pamrih mengabdikan seluruh waktunya untuk ngopeni dan ngayomi mereka yang membutuhkan. Peran ulama bagi masyarakat jelas tidak bisa dipungkiri.

Studi modern tentang peran ulama semakin menguatkan kenyataan itu. Bahwa ulama telah memiliki peran dalam membangun masyarakat menuju insan-insan yang bermoral dan berperadaban.

Buku yang berjudul Manaqib Ulama Nusantara ini setidaknya merupakan rekaman dari bagian kehidupan para ulama Nusantara dalam mengabdikan diri untuk masyarakat di sekitarnya secara khusus dan untuk bangsa pada umumnya. Setiap bagian dari kehidupan mereka selalu ada perjuangan dalam menata umat manusia.

Lebih dari seratus ulama dikisahkan perjalanan hidupnya dalam buku ini. Mayoritas ulama yang dipaparkan berasal dari daerah lokal. Filosofinya adalah menulis peran ulama Nusantara dalam melakukan transformasi sosial dari lokal (periferial), tidak seperti buku biografi pada umumnya yang selalu mengambil tokoh ulama yang terkenal (masyhur) saja. Banyak cerita perjuangan ulama yang unik yang terdapat dalam buku ini.

Buku ini memiliki cita-cita yang mulia untuk menarasikan sejarah dan peran sosial ulama nusantara. Atau setidaknya, menjadi pintu pembuka bagi para peneliti dalam mengkaji ulama nusantara. Selamat membaca!

Judul: Manaqib Ulama Nusantara; Sejarah Hidup dan Mata Air Keteladanan
Penyunting: M. Faisol Fatawi
Penerbit: Dialektika & Tasamuh.id
Cetakan: November, 2017
Peresensi: Ilbana Ghozali

About Admin

"Dari aswaja untuk bangsa" | Admin Utama | tasamuh.id@gmail.com | i.g @tasamuh.id | Lakpesdam Kota Malang

Lihat Juga

Cerita Santri tentang Pesona Pesantren

Pesantren memiliki segudang kisah dan sejarah dalam perjalanan serta pejuangan bangsa Indonesia. Pesantren juga menjadi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *