Monday , September 25 2017
Home / Buku / PELAYANAN PUBLIK SEBAGAI TOLOK UKUR GOOD GOVERNANCE

PELAYANAN PUBLIK SEBAGAI TOLOK UKUR GOOD GOVERNANCE

Buku yang ditulis oleh Hayat ini merupakan buka yang cocok untuk kalangan akademisi ataupun praktisi. Bagi akademisi, bisa dijadikan sebagai rujukan atau referensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang ilmu administrasi publik. Banyak kajian di dalam buku ini yang menyingkap aspek perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi dari setiap penyelenggaraan pemerintahan. Khususnya dalam pelayanan publik.

Penulis mengembangkannya dengan mengombinasikan antara aspek teoritis dengan aspek praksi, yaitu hasil penelitian yang dilakukannya, sehingga memberikan gambaran yang komprehensif tentang pelayanan publiknya. Tidak hanya dilihat dari segi aparatur sipil negara tetapi dari pengambil kebijakan juga dibahas di dalam buku ini.

Bagi praktisi, buku ini menjadi pedoman atau panduan untuk membangun sistem pelayanan yang efektif dan efisien. Di dalam buku ini diberikan pula contoh-contoh konkret menyangkut pelayanan yang baik dan berkualitas, unsur-unsur yang menajdikan pelayanan itu berkualitas serta trik dan teknik mengelola pelayanan yang efektif dan efisien, sehingga tercipta sebuah sistem pelayanan yang baik dengan berpedoman pada ketentuan dan tata aturan dalam rangka mencapai tujuan pemerintahan yang baik.

Dalam suatu negara sebagai contoh negara Indonesia, pelayanan publik merupakan tolak ukur dari kesuksesan jalannya suatu pemerintahan. Apabila pelayanan publik terlaksana dengan baik, maka berarti pemerintahan yang ada juga berjalan dengan baik pula. Tak lupa sebagai tolak ukur dari keberhasilan tersebut adalah hal yang dirasakan atau kepuasan dari masyarakat suatu negara. Apabila masyarakat merasa puas dengan pelayanannya maka pelayanan publik tersebut tergolong sukses.

Pada dasarnya pelayanan publik adalah pelayanan yang diberikan pemerintah kepada rakyat, penduduk, masyarakat dari suatu negara sebagai perwujudan dari kinerja pemerintahan. Pelayanan publik pada dasarnya memiliki pengertian yaitu hal yang diberikan pemerintah kepada masyarakat  dalam rangka pemenuhan kebutuhan secara baik dan benar sesuai ketentuan. Dari hal ini yang diharapkan adalah kepuasan dari masyarakat terhadap pelayanan publik yang telah dirasakan sehingga aparatur negara yang memberikan pelayanan memiliki andil penting dalam tercapainya tujuan tersebut.

Hal ini seperti yang termaktub dalam pasal 3 UU Nomor 25 Tahun 2009. Pada dasarnya tujuan pelayanan publik adalah melayani masyarakat dengan sebaik baiknya pelayanan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dari suatu masyarakat negara yang pada khususnya berkaitan dengan kebutuhan pemerintahan dan barang jasa publik itu sendiri.

Di samping itu, bahwa kinerja pelayanan publik merupakan realisasi yang diberikan pelayan publik dalam melayani masyarakat yang sesuai dengan tugasnya, baik sikap maupun hasil nyata kebutuhan publik yang diterima suatu masyarakat. Untuk subbab kedua yaitu mengenai sifat dan bentuk kinerja pelayanan publik. Sifat kinerja pelayanan publik adalah melayani masyarakat secara baik dan benar karena merupakan suatu kewajiban bagi pemerintah dan hak bagi masyarakat demi terlaksana kehidupan bernegara yang lebih baik.

Selain itu, reformasi birokrasi juga tidak lepas dari bidikan Hayat sebagai rangkaian dari peningkatan kualitas pelayanan publik. Pelayanan publik membutuhkan reformasi pelayanan untuk mengontrol dan melakukan berbagai pembenahan-pembenahan di berbagai sektor pelayanan. Dengan reformasi birokrasi diharapkan pelayanan yang diberikan akan berimplikasi pada tercapainya tujuan pelayanan yang berkualitas. Pelayanan yang berkualitas menjadi penting dalam pencapaian tujuan good governance.

Kelebihan dari buku ini adalah kata kata dan untaian kalimat yang ada sederhana dan mudah dipahami, sehingga pembaca akan dengan mudah menyerap ilmu yang ada dari buku ini. Pilihan huruf, ukuran dan spasi sudah sesuai dan memudahkan untuk membaca dengan berbagai posisi. Untuk fisik buku ini sangat menarik dengan sampul biru muda dan tidak terlalu tebal sehingga menarik minat pembaca pada awalnya.


Judul                 : Manajemen Pelayanan Publik
Penulis             : Hayat
Penerbit           : Rajawali Press, PT. RajaGrafindo Persada
Cetakan           : I, Januari 2017
Tebal                  : 225 Halaman
Peresensi         : Ninda Herista Bella (Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Publik Universitas Islam Malang)

About Admin

"Dari aswaja untuk bangsa" | Admin Utama | tasamuh.id@gmail.com | i.g @tasamuh.id | Lakpesdam Kota Malang

Lihat Juga

MEMBANGUN KESADARAN BERLITERASI

Menulis itu membutuhkan keterampilan dan ketekunan. Tidak hanya menuangkan ide atau gagasan saja, tetapi memberikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *