Thursday , August 16 2018
Home / Peristiwa / Sadar Aksara, NU Ranting Rintis Perpustakaan
Foto: Ketua Ranting NU Simo Bapak Tamadji, S.PdI (kiri) bersama Ketua MCW NU Soko Tuban (kanan, pegang buku).

Sadar Aksara, NU Ranting Rintis Perpustakaan

Tasamuh.id,
Pentingnya pemberantasan buta aksara menjadi perhatian khusus bagi kepengurusan NU Ranting Simo Kecamatan Soko Kabupaten Tuban Jawa Timur. Kepengurusan ranting NU periode 2017 – 2021 yang mayoritas adalah guru baik di Sekolah Dasar/sederajat hingga Sekolah Menengah Atas/sederajat ini memutuskan untuk mendirikan perpustakaan yang bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat terutama jam’iyyah NU.

“Yang mungkin dilakukan secara bersama oleh masyarakat luas adalah melakukan gerakan “Indonesia Membaca”, tegas Abdur Rahim, salah satu perintis perpustakaan tersebut.

Ia meyakini bahwa “buku merupakan sumber dari ilmu pengetahuan yang sangat penting. Buku senantiasa menawarkan kesegaran melalui ide-ide yang disajikan, juga merangsang setiap pembacanya berpikir kritis, memformulasikan ide-ide baru, mengevaluasi pengalaman yang telah didapat dan pada akhirnya mampu mendorong terjasinya perubahan dibanyak hal”, lanjut bapak satu anak ini.

Sementara itu, Ustadz Lukman Hakim selaku kurator dan administrator perpustakaan milik Ranting NU Simo ini menceritakan bahwa inisiasi mendirikan perpustakaan sebetulnya dimulai sejak tahun 2015, hanya saja karena segalanya belum memadai akhirnya dapat direalisasikan pada tahun 2017 bertepatan dengan pelantikan Pengurus Ranting NU Simo.

“Perpustakaan ini bertujuan untuk membangkitkan motivasi membaca dan sadar pendidikan bagi masyarakat di Desa Simo terutama kalangan Nahdliyyin, menumbuhkan semangat belajar anak-anak desa meskipun dalam tataran kesehariannya mereka menggunakan fasilitas yang kurang memadai, serta menjadikan perputakaan sebagai pusat bermain cerdas dan pengembangan soft sklill anak usia dini”, tandas ustadz alumni Pondok Pesantren Mambaus Sholihin Suci Gresik ini.

Selain sebagai ruang berkumpul jam’iyyah nahdliyyin, keberadaan perpustakaan ini juga memberikan pelatihan untuk meningkatkan minat baca anak bangsa. Dan, pada setiap sore ada pengajian anak-anak TPQ.

Penulis: Siti Imaniatul Muflihatin

 

About Admin

"Dari aswaja untuk bangsa" | Admin Utama | tasamuh.id@gmail.com | i.g @tasamuh.id | Lakpesdam Kota Malang

Lihat Juga

Sabilillah Resmikan Rumah Produktif bagi Anak Yatim

Tasamuh.id Mengapa harus ada Rumah Yatim Produktif ? Tentunya nama ini memiliki tujuan agar anak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *