Monday , September 25 2017
Home / Tasamuh.id
K.H Ma'shum Sufyan

Tasamuh.id

“Tasamuh dan Spirit Aswaja”

Salah satu prinsip Aswaja yang dikembangkan Nahdlatul Ulama (NU) adalah tasamuh. Tasamuh diartikan sebagai sebuah nilai kehidupan yang lebih mengedepankan sikap dan tindakan toleransi. KH Muchid Muzadi (2006) menjelaskan tasamuh sebagai salah satu prinsip Aswaja yang menekankan pada nilai (karakter) dasar kemanusiaan (hubungan antar manusia). Nilai itu berupa menghargai orang lain dan menempatkan perbedaan setiap manusia karena alasan kelompok, etnik, agama, mazhab dan lain sebagainya sebagai keniscayaan yang terberi (sunnatullah).

Perbedaan kemanusiaan itu dapat diletakkan sebagai penempa iman dan pemompa semangat penajaman nilai-nilai ilahiyah yang dipancarkan melalui fungsi-fungsi amaliyah dalam praksis kehidupan. Di altar perbedaan, kita memiliki kesempatan beribadah dengan cara saling mengenal dan mengakrabi perbedaan itu dalam damai, bukan menempanya sebagai bingkai mempertajam perbedaan berujud konflik. Jika demikian, senyatanya perbedaan adalah ujian iman. Siapa yang mampu berdamai dengan perbedaan ia teruji imannya dan siapa yang tidak mampu berdamai oleh karena perbedaan, ia tidak memiliki kematangan iman (QS. 49: 13).

Dalam kitab At-Tibyan, fi nahyi ‘an muqotha’ati al arham wa al ikhwan (terj. 2007), KH  Hasyim Asy’ary menegaskan bahwa “manusia itu butuh bergaul dan bermasyarakat. Karena individu yang satu tidak mungkin mengerjakan kebutuhannya sendiri. Pasti orang itu butuh bergaul dan bermasyarakat yang bisa mendatangkan kebaikan dan bisa menghindarkan dari marabahaya” (hal. 54).

Mendasari prinsip yang kaya dalam tradisi NU tersebut, Lakpesdam NU Kota Malang dengan media Tasamuh-nya ingin menyatakan inilah bukti panggilan kami untuk menggali tradisi yang “mungkin” terserak tak terbaca. Lalu, diangkat di permukaan untuk dikenali, dieksplorasi, dieja ulang secara terbuka bagi warga NU sehingga media ini menjadi ruang diskusi sebagai salah satu cara nahdliyin turut membangun bangsa.

Dengan menghadirkan Tsamuh diharapkan bisa mewadahi kebutuhan warga NU akan sumber informasi, ilmu dan inspirasi untuk mendulang kemajuan Sumber Daya Manusia NU ke depan. Kepada para pembaca Tasamuh membuka urun gagasan untuk kemajuan NU ke depan, bisa dikirim ke tamasuh.id@gmail.com.